Cetak Kader Literasi, PAC Kota Adakan Diklat Jurnalistik dan Public Speaking

Dimas Elshihab selaku Pimred Lingkar Jateng sedang menyampaikan materi Hardnews kepada peserta Dilat Jurnalistik dan Publck Speaking PAC Kota. [Doc. Pelajarkudus.com/Himma]

Pelajarkudus.com–PAC IPNU IPPNU Kecamatan Kota Kudus menginisiasi Diklat jurnalistik dan Public Speaking yang telah terselenggara pada Sabtu hingga Ahad, tanggal 11-12 September 2021. Kegiatan yang terselenggara di Mts Hasyim Asy’ari 01 Kudus berkolaborasi dengan Pelajar Kudus. Selain itu juga mengundang narasumber utama Dimas Elshihab selaku Pimpinan Redaksi Lingkar Jateng dan  M. Khoirul Annas selaku Ketua Dema IAIN Kudus.

Valian Hafidz Jayvico selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah harapanya bisa mencetak pelajar yang handal dalam dunia ke jurnalistikan dan juga Mahir dalam Public Speaking.

“Bisa dibilang kegiatan ini itu, bisa untuk menambah ilmu kita sebagai pelajar, karna jurnalistik juga penting di kehidupan sehari.  Tanpa jurnalistik, kita tidak akan tau begitu banyak macam perbedaan,” ujar Jay yang juga Wasek JPS PAC Kota.

Muhammad Yusrul Hana selaku ketua PAC IPNU Kota juga menyampaikan harapan setelah terlaksananya kegiatan Diklat.

“Harapannya PAC Kota ada media tersendiri ter-khusus jurnalistik, agar bisa membuat berita tentang kegiatan ranting dan bisa saling sharing. Karena pada masa sekarang itu, kita itu rada tertinggal soal media,” harap Yusrul pada 32 peserta yang hadir.

Dalam diklat peserta juga mendapat materi mengenai Public Speaking. Materi ini disampaikan ole Khoirul Annas selaku Ketua Dema IAIN Kudus.

Menanggapi kegiatan ini Afsana Noor Maulida Zahro  selaku Tim Pelajar Kudus mengungkapkan tanggapannya.

“Seneng banget. Bisa ikut Berpartisipasi di acara kalian. Apalagi bisa berbagi soal dunia jurnalistik. Terlebih mengenai dunia tulis menulis yang bukan hanya berita tetapi juga tulisan genre opini. Jadi materi temen-temen itu paket lengkap. Ada jurnalistik dasar, dihubungkan sama materi opini yang mendasari kalian untuk beropini sesuatu, dan yang terkahir publik speaking. Bagaimana temen-temen bisa belajar menyampaikan gagasan atau pendapat di masyarakat umum. Salut bagi teman-teman yang ikut sampai selesai lah,” ungkap Afsana sapaan akrabnya.

 

Kontributor  : M. Arif Khasanul Muna (Kota)

Editor          : Afsana Maulida