Harlah FKTJ ke-4 adakan Lomba Musikalisasi Puisi Pelajar

Forum Kesenian Tali Jagat (FKTJ) bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kaliwungu Kudus menggelar Festival Musikalisasi Puisi (FMP) se-Kabupaten Kudus pada hari Jumat, (6/12).

Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat bakat para pemuda dan pelajar di Kabupaten Kudus khususnya pelajar di Kecamatan Kaliwungu dalam bermusik dan bersastra, sekaligus memperingati hari kelahiran komunitas kesenian FKTJ yang ke-4. Perlombaan kali ini mengambil jenis yang berbeda, biasanya musik maupun puisi, maka FKTJ mengadakan musikalisasi puisi.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, sebanyak 8 komunitas kesenian menampilkan karyanya di depan dewan juri. Mereka bersaing di hadapan 3 juri yakni Nur Kholis (Seniman teater asal Demak), Ali Rege (Musisi asal kudus), Sri Mulyanti, S.Pd (Wakil Kepala sekolah dan guru Seni budaya di SMA AL-Maruf Kudus).

Acara Harlah ke – 4 FKTJ Kudus tidak berhenti di situ saja. Malam harinya disambung dengan acara “Malam Anugerah” yakni tasyakuran pemotongan Kue Harlah Ke-4 tahun FKTJ kudus oleh presiden FKTJ Imam Sugiman. Dilanjutkan dengan penampilan musik akustik antara Soe Gie Man ft. BCF Entertaint. Selain itu, juga ada beberapa penampilan dari anggota FKTJ berupa musikalisasi puisi oleh Haidar dan Nisa.

Syaiful Anam, Ketua FKTJ berharap setelah diadakan FMP se Kabupaten Kudus ini, para pecinta seni atau sastrawan muda termotivasi untuk mendalaminya lagi menengok sajak adalah senjata paling ampuh dan paling aman terhadap gejolak politik serta hukum yg ada.

Forum Kesenian Tali Jagat (FKTJ) merupakan kesenian yang terlahir dari darah Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP IPNU Kaliwungu Kudus pada 13 Juli 2015 dengan nama CIKAPARA. Berjalannya waktu semakin banyak yang berminat dengan forum ini dan tepat pada tanggal 16 November 2015 dibentuklah wadah kesenian yang diberi nama Forum Kesenian Tali Jagad. Selama empat tahun berkreasi di dunia seni, FKTJ cukup banyak mendulang prestasi pada event lomba kesenian di tingkat kabupaten kudus sampai tingkat karisidenan pati.

“Tahun 2019 ini adalah memasuki tahun ke-4 lahirnya forum kesenian tali jagad (FKTJ). Selain syukuran, event ini merupakan bentuk perhatian dan apresiasi kami terhadap karya pelajar dan anak-anak muda di bidang kesenian” Ungkapnya.

Ia menambahkan harapan untuk FKTJ sendiri, semoga semakin kompak antar anggota dalam berkesenian, semakin semangat dalam berkesenian khususnya di Kudus, serta turut menjaga bersama warisan budaya yang ada di Indonesia.

Di akhir acara, terpilihlah tiga terbaik sebagai pemenangnya yakni Juara 1 diraih PR IPNU Mijen Kaliwungu Kudus (Grup), Anissa Demangan Kota Kudus (Individual), Ngajos MA Qudsiyah Kudus (Grup). Mereka berhak membawa pulang uang pembinaan, piagam dan tropi.

“Salam Syiar Syair, Kreatifitas Tanpa Batas!” Pungkasnya.