Latihan Dasar Jurnalistik MA TBS Study Banding ke Yogyakarta

Itulah santri TBS. Di hari libur sekalipun, masih ada yang berkeinginan untuk menimba ilmu. Kali ini, Persatuan Pelajar (PP) MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus mengadakan kegiatan Latihan Dasar Jurnalistik XXIV. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa s/d Jum’at (24-27/12) di lantai satu madrasah gedung timur.

Dengan mengusung tema “Tanamkan Literasi, Majukan Negeri”. Acara tahunan ini diikuti oleh 20 Siswa yang kemudian dibagi menjadi 4 kelompok. Keempat Kelompok ini diberi tugas untuk membuat sebuah buletin bayangan dengan tema “Keterkaitan Antara Pendidikan, Budaya & Teknologi”. Yang nantinya akan dibuat Mading 3D.

Di hari pertama, para peserta mempelajari tentang Teknik Wawancara, Management Keredaksian dan Pengelolaan Blog dengan Narasumer Ust. Rosyidi dan materi Feature & Kepenulisan oleh Ust. Zaenuri, S. Ag.

Foto bersama Seluruh Panitia & Peserta didepan Keraton Jogja

Pada hari kedua, peserta juga diberi wawasan tentang Editing Kepenulisan oleh Ust. Ali Mahsun, S. Ag. Layout & Desain Grafis oleh Saudara Ade Ismail, Artikel, Opini & Essai oleh Ust. M. Noor Ahsin, S.Pd. dan Sastra oleh Saudara M. Faizul Kamal.

Hari berikutnya, para peserta melakukan Study Tour ke Keraton Ngayogyakarta. Disini mereka melakukan wawancara langsung dengan Tour Guide. Setelah dari keraton, para peserta melaloni Study Banding dengan Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arena UIN Sunan Kalijaga. Tak hanya itu, mereka pun mendapat sambutan hangat oleh kakak-kakak dari Forum Alumni Madrasah TBS (FORMAT) Yogyakarta.

Memasuki hari terakhir, para peserta menyelesaikan buletin bayangan sebagai hasil dari kegiatan ini. Saat Clossing Ceremony, M. Niltal Amal, Ketua PP MA TBS mengatakan “Latihan Dasar Jurnalistik ini merupakan pembekalan dan langkah awal bagi para calon jurnalis. Saya berharap para peserta dapat menjadi penulis yang aktif diberbagai media,” tuturnya. (Aufan/Taufiq/Ilfa/Luqman)