Peserta LDJ SMK NU Maarif Berlomba Membuat Majalah

Demi mencetak pelajar yang cerdas dalam dunia jurnalistik, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK NU Ma’arif Kudus adakan Latihan Dasar Jurnalistik yang bertema “Think Smart with Jurnalism”.  Selama tiga hari (17-20 September 2019) para peserta digembleng berbagai materi mengenai cara menulis berita, mencari berita hingga mendesain layout majalah.

Sebanyak 47 siswa dari berbagai jurusan turut mengikuti jalannya LDJ. Panitia membagi para peserta dalam lima kelompok dan didampingi 29 panitia.

Di hari terakhir (Jum’at, 20/9) para peserta diberikan challenge membuat majalah bayangan. Mereka harus menentukan judul dan tema yang berbeda sesuai yang telah direncanakan oleh tiap kelompok.

Sebelumnya terlebih dahulu mereka melaksanakan hunting berita dengan angel dan side yang berbeda. Kemudian tiap kelompok diberikan waktu untuk menulis berita beserta tulisan rubrik-rubrik lainnya.

Menurut salah satu peserta LDJ M. Syaihuddizkri, kegiatan LDJ berjalan dengan seru dan menyenangkan bahkan ia merasa diberikan pengalaman baru seperti menjadi wartawan profesional.

Di akhir sesi panitia memberikan hadiah bagi majalah bayangan terbaik. Kriteria dan penilaian dilakukan oleh narasumber yang mengisi LDJ. Kedepannya para peserta LDJ diharapkan berkontribusi dalam penerbitan Majalah Karisma XI.

Pengirim : Safira Thawila Farsya

Diedit : Redaksi