Ratusan Pelajar Kudus Ikuti “Green The City”

Hujan gerimis yang sejak pagi membasahi kota Kudus tak menyurutkan semangat para pelajar untuk menanam pohon. Kegiatan penanaman 1000 pohon yang bertajuk “Green The City” ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Harlah ke-66 IPNU & ke- 65 IPPNU Kabupeten Kudus. Para pelajar berkumpul dan melakukan kegiatan penanaman di Jalur Ijo Sintru Kandangmas Dawe, Kudus, Ahad (01/03).

Sebanyak 300 peserta yang terdiri dari berbagai elemen menanam pohon secara bersama-sama. Diantaranya adalah para pelajar IPNU dan IPPNU se-Kabupaten Kudus yang didalamnya ada lembaga semi otonom CBP (Corp Brigade Pembangunan) dan KPP (Korp Pelajar Putri), KTH (Kelompok Tani Hutan), Komunitas SKIN (Suzuki Katana Jimny Indonesia), dan perwakilan sekolah-sekolah negeri di Kabupaten Kudus.

Ketua PC IPNU Kudus, M. Chasan Fauzi menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari fungsi IPNU IPPNU sendiri, yaitu sebagai organisasi keterpelajaran yang membawahi pelajar se- Kabupaten Kudus harus mulai sadar terhadap lingkungan sekitar. Seperti contoh pegunungan Pati Ayam yang kini terlihat gundul, harus dilakukan reboisasi.

“Tanam pohon ini juga sebagai pelaksanaan tugas CBP KPP, selain menjadi garda terdepan pengawal ideologi, CBP KPP juga harus mencintai lingkungan dengan cara menanam pohon untuk kebutuhan anak cucu kita nanti.” Imbuh fauzi sapaan akrabnya.

Kegiatan “Green The City” menuai pujian dari Kasnadi selaku ketua Kelompok Tani Hutan yang kesehariannya berprofesi sebagai petani, dia mengucapkan banyak terima kasih kepada IPNU IPPNU Kudus yang turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan dan hutan di Kabupaten Kudus.

“Mungkin penanaman pohon ini sedikit bagi hutan kami, tapi efek yang akan ditimbulkan beberapa tahun ke depan akan luar biasa.” Ungkapnya.

Indrani salah satu peserta berasal dari MAN 2 Kudus merasa senang sekali telah mengikuti kegiatan ini. Ia menyempatkan diri untuk mengikuti tanam pohon ini di sela-sela pemadatan UN. Ia berharap, para pelajar dapat sadar terhadap lingkungan sekitar, terlebih di kawasan hutan yang sudah mulai gundul.

Kegiatan “Green The City” diakhiri pada pukul 12.00 WIB dengan makan bersama.