Ribuan Santri Ikuti Upacara Hari Santri Nasional (HSN) di Kudus

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kudus mengerahkan ratusan kader untuk mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung kemarin, Selasa 22 Oktober 2019 di Alun-alun Simpang Tujuh Kabupaten Kudus.

Sebanyak 300 kader yang terdiri dari IPNU, IPPNU, CBP, dan KPP se Kabupaten Kudus bersama ribuan santri dari kalangan Pondok Pesantren, Madrasah, Akbid mengikuti upacara dengan khidmah. Uniknya mereka menggunakan atribut khas masing-masing, seperti sarung, peci, iket, mukena dan berbagai macam atribut khas santri.

Ketua PC IPNU-IPPNU Kudus, M. Chasan Fauzi mengungkapkan Hari Santri Nasional merupakan momentum dimana bangsa ini diingatkan kembali tentang perjuangan ulama terdahulu. Para ulama dahulu tidak hanya berhasil dalam mendidik santri, melainkan berperan besar dalam resolusi jihad untuk mengusir penjajah dari tanah air.

“Tepat pada tanggal 22 Oktober 1928 silam, Mbah Hasyim Asy’ari dan Mbah Wahab Hasbullah menyerukan Resolusi jihad kepada semua santrinya, untuk memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Atas seruan tersebut akhirnya membuahkan hasil yang bisa kita nikmati sekarang. Semoga momen hari santri selalu menjadi momen pembaharuan semangat santri untuk terus belajar dan berjuang.” Tambahnya.