Sah, Rekanita Vela Resmi Pimpin PP IPPNU Periode 2022-2025

Pelajar Kudus – Persidangan pemilihan calon ketua umum PP IPPNU masa bakti 2022-2025 sempat mengalami kendala yang mengakibatkan persidangan harus di skorsing selama beberapa jam.

Dalam masa skorsing, pihak PP IPPNU melakukan musyawarah dengan PBNU yang menghasilkan 2 poin; pertama, calon ketua umum dianggap sah ketika mendapat minimal 50 suara dari jumlah suara sah.

Kedua, pengurus Harian PP IPPNU pernah menjadi Pengurus PP, PW dan atau PC dan mendapatkan rekomendasi dari PW dan khusus calon ketua umum pernah menjadi pengurus PP dan atau PW dengan mendapatkan rekomendasi dari PW.

Putaran awal untuk tahap pencalonan dihasilkan 3 nama calon ketua umum PP IPPNU yakni Vela dengan 257 suara, Afifah Marwatin sebanyak 66 suara dan Niamah mendapat 24 suara.

Sesuai dengan ketentuan tata tertib persidangan, maka yang terverifikasi dan sah untuk maju ke tahap selanjutnya adalah rekanita Vela dan Afifah.

Diperoleh hasil akhir rekanita Vela mendapat suara sebanyak 285 dan rekanita Afifah sebanyak 61. Dan dapat disimpulkan bahwa Rekanita Whasfi Velasufah resmi sebagai mandataris Kongres XIX PP IPPNU.

Penulis: Nuhayus Aunila.