Tumbuhkan Semangat Berorganisasi, PR IPNU-IPPNU Kesambi Adakan MAKESTA

Foto Bersama Peserta MAKESTA dan Panitia

Pelajar Kudus – Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kesambi adakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA). Kegiatan ini diadakan selama dua hari sabtu hingga ahad, 18-19 Desember 2021. MAKESTA adalah salah satu pogram kerja wajib yang ada di IPNU-IPPNU tingka desa. Bertujuan untuk menjaring anggota melalui forum resmi.

Bertempat di Madrasah Tarbiyatus Sibyan Wal Banat Kesambi kegiatan ini diadakan, dimulai sabtu pada pukul 07.00 yang diawali dengan penampilan rebana sampai ahad pukul 15.00. Peserta dari kegiatan ini sebanyak 29 orang terdiri dari 24 berdomisili di Kesambi dan 5 orang dari luar Desa Kesambi.

MAKESTA kali ini mengangkat tema “Mencetak Generasi NU KESAMBI (Kreatif, Smart, dan Berbudi) dengan wawasan Ahlusunnah Wal Jamaah”. Syuriah Desa Kesambi, Bapak KH. Mahmudi menyampaikan bahwa seorang pelajar harus semangat dalam berorganisasi sebagai bekal dalam bermasyarakat, karena para pelajar lah nantinya yang akan meneruskan perjuangan pemimpin saat ini.

Ketua Panitia, rahmat Syafirul mengatakan “Adanya kegiatan MAKESTA ini selain bertujuan untuk mengenalkan IPNU-IPPNU kepada para pelajar juga memberikan mereka pemahaman dan wawasan tentang Nahdlatul Ulama dan Ahlusunnah Wal Jamaah” .

Tidak hanya itu, selain enam materi inti yakni Ke-NU-an, Ke-Aswaja-an, Ke-IPNU dan IPPNU-an, Ke-Indonesiaan, Ke-Organisasian, dan Tradisi Amaliyah NU. MAKESTA kali ini juga menambahkan materi Ke-Pemimpinan sebagai bekal para peserta dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di organisasi.

Penyerahan sertifikat pemateri pada materi Ke-IPNU dan IPPNU-an

Pemberian materi ini merupakan materi tambahan dari ranting yang bertujuan agar para peserta berani untuk speak up dalam kegiatan ranting maupun luar ranting. Materi ini merupakan sebuah bentuk implementasi dari materi-materi sudah ada di MAKESTA. “Ditambahkannya materi kepemimpinan lebih terfokus pada implementasi dari materi yang sudah diperoleh selama MAKESTA”, tambah Ketua IPNU Kesambi M. Aufal Marom.

Antusias dari peserta pun sangat baik dalam mengikuti acara ini dari awal hingga akhir. Peserta MAKESTA, Dina Armelia mengungkapkan bahwa dia senang mengikuti acara ini serta mendapat banyak pengalaman, “Saya senang bisa mengikuti makesta karena mendapat banyak teman, belajar bagaimana cara bekerjasama dalam sebuah tim, mendapat materi dan pengalaman, harapannya hal itu bisa bermanfaat untuk kedepannya”, tuturnya.

 

Penulis : Mutiara Nurullah

Editor : Aizzatun Nafisah