Tumpukan Sampah di Asrama Kongres IPPNU ke-XIX Timbulkan Bau Tak Sedap

Pelajar Kudus – Peserta Kongres IPPNU ke-XIX yang berasrama di gedung D4 keluhkan sampah yang berserakan di sekitar tong sampah yang telah disediakan oleh pihak Gedung D4. Sampah-sampah yang didominasi oleh kemasan makanan tersebut mengakibatkan bau yang tak sedap.

Dalam keterangan penjaga gedung D4 Azmi mengatakan, kalau sampah sendiri ditanganinya setiap pagi dan sore, namun karena jadwal makan peserta yang cenderung tidak teratur menyebabkan banyak sampah yang tidak terkontrol dengan baik sehingga mengakibatkan penumpukan di depan kamar.

“Kami sudah membuat ritme pengambilan sampah pagi-sore. Namun, memang namanya sampah sisa makanan cepat menimbulkan bau tak sedap,” tambahnya.

Sulistiani yang merupakan peserta kongres asal PC Pati mengungkapkan, penyebab penumpukan sampah itu ada dua macam, pertama memang bekas kemasan jatah makanan yang di berikan panitia dan bekas kemasan makanan yang dibeli peserta sendiri.

“Sedangkan petugas kebersihan kan datangnya ga pasti atau ga tau kapan jadi membuat sampah menumpuk,” imbuhnya.

Sulis berpesan kepada panitia untuk menyiapkan panitia yang fokus terhadap sampah, jangan hanya mengandalkan petugas gedung asrama haji agar lokasi istirahat nyaman dan bersih.

Penulis: Nuhayaus Aunila