Usung Tema Literasi, MA Mu’allimat Gelar Talkshow Bersama Ning Khilma Anis

Madrasah Aliyah Mu’allimat NU Kudus mengadakan Talk Show Kado Pelajar Milenial dengan tema Menggairahkan Literasi Mempertajam Inspirasi.

Mengundang Penulis Novel Sastra Pesantren Ning Khilma Anis, dimaksudkan untuk meluaskan semangat literasi bagi pelajar di era milenial.

Ibu Khamdanah selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum menyampaikan bahwa Ning Khilma dapat menjadi motivasi bagu peserta.

“Sebagai motivasi diri, dahulu Mbak Khilma belum seperti sekarang. Ibarat mutiara tertutup debu, sekarang debunya terkena angin alias mendapat barokah dari Bapak Kyai dan Ibu Nyai yang ada di sekitar,” ujarnya dalam sambutan.

Ibu Khamdanah juga menyampaikan agar siswi-siswi tidak usah berkecil hati dan memikirkan akan menjadi apa nanti. Yang penting mencari ilmu dengan rajin dan ikhlas nanti barokahnya akan keluar sendiri,” tambahnya.

Saat kegaitan, Ning Khilma menyampaikan ketika menjadi penulis harus teken, tekun, dan tekan.

“Barangsiapa yang teken atau artinya punya kemauan, kemudian dia tekun atau bersungguh-sungguh maka dia akan sampai. Begitu juga dalam kepenulisan,” ujarnya.

Tak hanya itu, beliau juga mengajak para siswi untuk berkarya dalam penulisan sesuai dengan kemampuan. Karena menurutnya sukses itu harus kreatif, inovatif, kolaboratif, dan transformatif.

“Kalau literasi sudah berjalan kemudian harus ada pemerataan. Klungsu – Klungsu Waton Udu artinya yang penting berkarya. Menulis walaupun sedikit lalu berkarya di jagat literasi daripada hanya tenggelam dalam angan – angan,” terangnya.

Talkshow yang diikuti oleh 700-an peserta ini pun turut serta mengundang Duta Bahasa Jawa Tengah 2020, Ida Fitriya. Antusiasme peserta pun bertambah, terlihat ketika dua narasumber berbagi cerita tentang literasi.

Penulis : Naila (Koresponden Pelajar Putri)

Editor : Afsana Maulida