BPUN 2020; Siap Membimbing Pelajar Menuju PTN Favorit

BPUN Mata Air merupakan program utama dari Yayasan Mata Air. Program ini memiliki tujuan yaitu mengantarkan sebanyak-banyaknya pelajar untuk melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di program studi yang beragam (Kedokteran, Teknik, Ekonomi, Psikologi, Hubungan Internasional, Pertanian, dan lain-lain). BPUN memberi harapan kepada pelajar kurang mampu untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). BPUN Mata Air memberikan pendampingan di bidang akademik, penguatan soft skill dan Beasiswa studi di PTN. Secara Garis Besar BPUN berbicara tentang tiga hal: Pendidikan, Kepemimpinan dan Keberagamaan yang Ramah.

BPUN diinspirasi proses panjang dari pergumulan beberapa generasi muda bangsa yang tergabung dalam Komunitas Mata Air Jakarta dan ingin ikut berperan dalam memberikan inspirasi,motivasi serta pengalaman kepada pelajar di Indonesia berasal dari berbagai Perguruan Tinggi

Negeri (PTN) ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, generasi ini bertahun-tahun mencari formula baru yang kemudian tercetus tentang BPUN.

Sistem pembelajaran di BPUN ini akan dilakukan dengan mengkombinasikan model belajar tutorial, belajar mandiri, diskusi kelompok, belajar dalam kelas dan diluar kelas.

BPUN ini sekaligus akan dipadukan dengan Leadership Training & Management Training. Selain materi mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN, Peserta juga akan diberikan materi non-mata pelajaran seperti leadership, enterpreneurship, life skill keberagamaan yang toleran dan moderat; Selama pelaksanaan program, Peserta diasramakan selama dua minggu penuh. Dipandu oleh tentor-tentor profesional yang sudah berpengalaman serta para Kyai yang mendampingi untuk menata karakter dan spiritual para Peserta.

Pada pelaksanaan BPUN 2020, merupakan program dari PC IPNU IPPNU Kudus yang akan dilaksanakan pada 12 -26 April 2020, yang dimana program BPUN ini merupakan program tahunan yang diselengarakan oleh IPNU IPPNU dengan harapannya alumni BPUN ini bisa menyongsong pemenuhan kebutuhan kader NU di masa datang.

Peserta BPUN mengikuti Car free day

Selain akan kita bimbing selama satu bulan penuh. Nantinya sejumlah alamuni BPUN dari tahun sebelumnya yang saat ini kuliah disejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) juga akan kita datangkan untuk berbagi wawasan tentang PTN, tips belajar di PTN dan pengalaman kuliah di PTN. Melalui model bimbingan ala kultur pesantren, harapanya bisa membantu para pelajar untuk menjadi intelektual muda Nahdlatul Ulama dan untuk memenuhi kebutuhan kader NU yang profesional dari berbagai disiplin ilmu.

Di samping itu, dari siswa-siswi yang lolos tes nantinya akan dibimbing oleh tenaga profesional di internal PC IPNU IPPNU Kudus yang selama ini sudah melakukan bimbingan pada peserta BPUN sebelumnya. Ini adalah bentuk kepedulian kami PC IPNU IPPNU Kudus pada pelajar yang inggin melanjutkan studi Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Favorit. (MA)

adapun pendaftaran BPUN 2020 bisa klik disini