Gelar Makesta Bukti Teruskan Perjuangan Dalam Organisasi

Pelajar Kudus – Remaja di desa Loram Kulon Jati Kudus sangat antusias mengikuti kegiatan Masa kegiatan Anggota (MAKESTA) yang diadakan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Kegiatan bertempat di gedung MTs-MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon, yang dilaksanakan pada Hari Kamis hingga Jumat Tanggal 23-24 Desember 2021, setidaknya terdapat 40 remaja yang ikut berpartisipasi menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Makesta diadakan dengan tujuan agar para peserta terkhusus remaja desa Loram Kulon mampu meneruskan perjuangan sekaligus Khidmah dalam organisasi NU, makesta juga merupakan jenjang awal bagi para remaja sebelum memasuki organisasi IPNU-IPPNU. KH Hasyim Asy’ari pernah berkata “Siapapun yang mengurus NU dia adalah santriku dan siapapun yang menjadi santriku semoga masuk surga bersamaku.” Dari situlah para remaja termotivasi untuk mengikuti dan menghidupkan organisasi NU melalui IPNU dan IPPNU.

Ditengah pandemi saat ini makesta tetap diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Peserta hadir dengan raut wajah yang penuh semangat. Selama dua hari kegiatan, para peserta diberi materi tentang kepemimpinan, selain itu juga diberikan materi Aswaja yang bertujuan menguatkan aqidah mereka. Tidak hanya materi saja, terkadang di sela-sela materi juga terdapat permainan yang membuat suasana lebih berwarna, sehingga peserta makesta dapat lebih nyaman saat kegiatan.

Rekan Ghoffarul Linnas selaku ketua panitia makesta mengungkapkan bahwa para remaja mengikuti kegiatan dengan senang dan penuh semangat, “Peserta pada saat kegiatan berlangsung terlihat semangat dan antusias sekali,” ucap Ghoffar

Semangatnya para peserta tak lain karena para narasumber sangatlah profesional dan mampu berbaur dengan para peserta, panitia dan instruktur juga berperan penting dalam menyiapkan matangnya kegiatan makesta, sehingga kelancaran acara dapat terwujud dengan baik.

Ghoffarul juga mengungkapkan, bahwa kegiatan yang paling penting saat makesta berlangsung adalah muhasabah yang di lakukan pada malam hari saat akhir acara, hal itu bertujuan untuk menguatkan dan mengukuhkan kembali tekad para peserta dalam berkhidmah ke NU melalui IPNU dan IPPNU. Menariknya, acara makesta juga ada outbound dan ligen yang membuat makesta lebih meriah. “Hal yang paling menarik dalam makesta adalah saat outbound dan acara ligen.” Ucap Mila selaku ketua IPPNU desa Loram Kulon.

 

 

https://pelajarkudus.com/