Menjaga Eksistensi, DKAC CBP-KPP Gebog dan Dawe Berkolaborasi

Pelajar Kudus – Bulan Oktober adalah bulan yang sangat bersejarah bagi pemuda pemudi Indonesia karena pada bulan ini merupakan salah satu bulan bersatunya para pemuda pemudi dari berbagai suku bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Bulan bersejarah itu dikenal dengan peristiwa sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Dewan Kooordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP-KPP Kecamatan Gebog dan Dawe berkolaborasi mengadakan sebuah kegiatan yang sangat menarik. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93 dan Harlah Corp Brigade Pembangunan (CBP) ke-57. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 Pukul 14.00 WIB yang bertempat di Jembatan Gringging perbatasan antara Kecamatan Dawe dan Kecamatan Gebog.

“Kegiatan kolaborasi kedua DKAC CBP-KPP ini bertujuan untuk melatih mental dan kreatifitas para anggota serta diharapkan dapat menjaga eksistensi DKAC CBP-KPP,” Ungkap Ahmad Alfan Maulana selaku komandan DKAC CBP Gebog. Kegiatan yang berlangsung selama tujuh jam ini, diawali dengan upacara bendera yang diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari anggota masing-masing Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP-KPP. Menariknya, upacara yang dilakukan bertempat di bawah jembatan dengan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih yang sangat ekstrem. Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, dikibarkan langsung dari atas jembatan dengan sedikit atraksi Repling. Petugas pengibaran Bendera Merah Putih berasal dari DKAC CBP Gebog yang bernama M. Khasanul Muna dan M. Nurul Arifin.

 

Repling DKAC Gebog
Repling DKAC Gebog

Setelah kegiatan upacara bendera selesai, Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP-KPP Gebog dan Dawe mengadakan jagong diskusi. Jagong diskusi ini membahas tentang kegiatan tindak lanjut yang bisa dilakukan kedua DKAC CBP-KPP tersebut. Seperti yang telah disampaikan oleh komandan DKAC CBP Gebog (Ahmad Alfan Maulana), hasil dari pembahasan rencana tindak lanjut ini berupa latihan rutin seperti tali dan beladiri yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada hari Selasa dan latihan renang setiap hari Jum’at.

Respon dari peserta kegiatan ini sangat positif, mengingat kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat kebersamaan dan saling loyal terhadap satuan DKAC masing-masing. Selaras dengan respon peserta di atas, Komandan DKAC CBP Dawe (M. Khoirul Anam) mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat bersinergi walaupun terbentang wilayah yang berbeda tetapi tidak mengendorkan semangat antara pelajar dan kesan yang baik terlihat saling kerja sama dan saling menjaga silaturrahim.”

Pengibaran bendera merah putih oleh DKAC Gebog
Pengibaran bendera merah putih oleh DKAC Gebog

Dukungan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gebog maupun Kecamatan Dawe sangat terlihat dalam kegiatan ini. Terbukti dengan keikutsertaan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dalam kolaborasi kegiatan saat itu. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk mempererat tali silaturrahim kedua DKAC yang sudah lama terjalin dan diharapkan kegiatan ini mampu menginspirasi DKAC di kecamatan lain untuk mengadakan kolaborasi kegiatan.” Ungkap Naimum Muqim, Ketua PAC IPNU Kecamatan Gebog.

 

Reporter : Salwa Shofarulina (Jurnalis Gebog)

Editor : Nanda Fatimatuz (Koresponden Gebog)

https://pelajarkudus.com/