3 Karakteristik yang Harus Dimiliki Generasi Milenial

Di hari kedua pesantren kilat yang dilaksanakan oleh SMA N 1 Kudus, KH Sa’aduddin Annasih Lc M.Pd atau akrab dipanggil Gus Nasih menyampaikan betapa pentingnya Akhlaq yang karimah dalam kehidupan masa kini.

Ia membincang mengenai kabar hoax yang marak terjadi di kehidupan masyarakat terutama generasi milenial. Karena tidak sedikit para pemuda yang selalu ingin hasil instan dalam berbagai hal seperti mencari ilmu yang sangat bahaya sekali akibatnya jika terlalu instan.

Ia berpesan kepada siswa siswi SMA N 1 Kudus untuk senantiasa menjadi pemuda yang memiliki tiga karakteristik sifat yaitu jujur, sabar dan tawadlu’.

Sifat yang pertama, jujur sebagaimana kisah syeikh Abdul Qodir Jaelani dalam perjalananya menuntut ilmu hingga membuat para perompak kapal itu menemukan hidayahnya.

Sifat yang kedua adalah sabar dalam artian keteguhan hati untuk menghadapi segala masalah tidak mengedepankan emosi. Sifat yang ketiga tawadlu’ atau merendahkan diri kepada orang lebih tua dari pada kita, guru-guru kita dan terlebih kepada orang tua kita.

Saat sesi pertanyaan dibuka, ada satu pertanyaan dari salah satu siswa SMAN 1 Kudus yang cukup menarik.

‘’Kenapa Allah memerintahkan malaikat untuk menghentikan matahari, padahal dalam ilmu sains matahari berputar pada porosnya?”

“ والشمش تجري لمستقرلها ذلك تقديرالعزيزالعليم”

Matahari memancarkan sinarnya sesuai ketentuan Allah Subhanahuwata’ala, begitulah jawaban Gus Nasih terhadap pertanyaan tersebut.

Penulis : M. Chasan
Editor : Redaksi

https://pelajarkudus.com/