Kembangkan Literasi melalui Kudus Islamic Book Fair

 

UPT Perpustakaan IAIN Kudus bersama Paradigma Institut selenggarakan Kudus Islamic Book Fair 2023. Kegiatan ini berkolaborasi dengan beberapa komunitas di Kabupaten Kudus. Kudus Islamic Book Fair ini dimulai 8-13 September 2023 di GOR IAIN Kudus. Dimulai dengan acara Grand Opening & Bedah Buku, yang dihadiri oleh Bupati Kudus, Rektor IAIN Kudus, dan beberapa tokoh lainnya.

Puncak dari kegiatan ini adalah “Panggung Kaum Muda” yang dilaksanakan pada 11 September 2023. Panggung Kaum Muda ini bertemakan “Pemuda dan Spirit Waliyul Ilmi Sunan Kudus”. Dengan dihadirkan beberapa tokoh nasional, yang membahas seputar problematika literasi di Indonesia khususnya dalam kalangan pelajar.

Ade Achmad Ismail selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan Kudus Islamic Book Fair 2023 bertujuan untuk menggait literasi pelajar dan mahasiswa agar mereka mampu mengukur kekuatan membaca mereka seperti apa dan membuka kolaborasi serta lintas komunitas untuk ramai-ramai menjunjung dunia literasi di Kudus. Harapannya, akan ada suatu perkembangan literasi khusus, baik berupa platform media ataupun berupa tentang gagasan-gagasan baru tentang literasi.

“Kebiasaan membaca bisa ditumbuhkan melalui bacaan – bacaan yang relevan”. Ujar Savic Ali (NU Online). Savic juga berpesan agar pelajar tetap semangat belajar dan berani mengejar mimpi. Dalam mengejar cita-cita, perlu adanya niat yang sungguh-sungguh dan usaha untuk memperolehnya.

Nur Said selaku ketua Perpustakaan IAIN Kudus berpesan “Jadikanlah buku sebagai instrumen tanda cinta dan ungkapkanlah cinta dengan buku”.

 

Penulis : Zidan

Editor : Nuhaya

https://pelajarkudus.com/