Kembangkan Minat Literasi, PAC Undaan Gelar “Jurnalis Pena”

Tim Pelajarkudus.com sedang memperkenalkan diri di depan peserta Jurnalistik Pena PAC Undaan

Pelajarkudus.com– PAC Undaan berkolaborasi dengan Pelajarkudus.com  menyelenggarakan Pelatihan Dasar Jurnalistik bertajuk “Jurnalis Pena” selama tiga hari mulai tanggal 12 sampai 14 Agustus bertempat di Aula Makam Syekh Abdullah ( Mbah Gareng ) Desa Undaan Lor.  Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan ranting se-Kecamatan Undaan.

Khasan Sumarhadi, selaku fasilitator mengatakan bahwa tujuan acara diselenggarakan sebagai bentuk pengenalan literasi ke PAC Undaan. Literasi sendiri merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca dan menulis. Acara ini juga menjadi wadah untuk mengembangkan skill anggota PAC Undaan.

“Pelajar Kudus menjadi wadah tulisan temen-temen, memfasilitasi bagi peserta yang ingin menjadi jurnalis di tingkatan PAC dan untuk mengenalkan literasi, ” ujarnya.

Setelah berakhirnya pelatihan jurnalistik yang dihadiri tiga puluh peserta dari berbagai ranting di Undaan,  panitia dan tim Pelajarkudus.com akan mengadakan follow up lanjutan pertemuan antar sembilan kecamatan.

Peserta Jurnalistik Pena PAC Undaan sedang belajar menulis berita.

“Ada follow up lanjutan atau tindak lanjut pertemuan antar kecamatan,”. ujar Susilo selaku ketua panitia kegiatan Jurnalis Pena.

Susilo juga mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa kendala dari pihak PAC maupun peserta. Kendala dari PAC sendiri kurangnya panitia dikarenakan kesibukan masing-masing. Sedangkan kendala dari peserta sendiri kurangnya apresiasi dalam mengikuti pelatihan jurnalistik.

“Kendala dari kegiatan ini kurangnya panitia di karenakan kesibukan dan kurangnya apresiasi dari peserta”. Paparan dari Susilo selaku ketua panitia.

Terlepas dari kendala tersebut, salah satu peserta bernama Muhammad Adi Ardinato mengaku senang dapat mengikuti acara ini. “Dengan mengikuti acara ini saya dapat memperkuat mental dan menambah relasi,” tutur Adi.

Harapan dari terselanggarakanya kegiatan jurnalis pena ini untuk membantu PAC Undaan mengarsipkan setiap acara yg diadakan di kecamatan Undaan.
” Adanya kegiatan ini di harapkan nantinya setiap pimpinan ranting berkontribusi membuat suatu karya untuk PAC Undaan, ” pungkas Susilo menutup perbincangan Sabtu sore (14/08).

 

Penulis : Ilmi, Ihkam, Efi, Sofia, dan Rini (Peserta Jurnalis Pena PAC Undaan)

Editor   : Afsana Maulida

https://pelajarkudus.com/