Majukan Peradaban, PC IPNU IPPNU Kudus Cetak Kader yang Aktual

Pelajarkudus- Tantangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini sangat kompleks, sehingga beberapa organisasi kemasyarakatan atau kepemudaan harus mampu mencetak kader yang unggul dan dapat menghadapi arus tantangan yang terjadi. Kondisi tersebut menjadi salah satu alasan PC IPNU IPPNU Kudus menyelenggarakan LAKUT.

Latihan Kader Utama (LAKUT) merupakan tingkatan kaderisasi formal tertinggi di IPNU IPPNU. PC IPNU IPPNU Kudus menyelenggarakan LAKUT secara rutin untuk mencetak kader yang tetap eksis ditengah tantangan zaman yang kompleks ini. Pada tahun ini, PC IPNU IPPNU Kudus mengusung tema ‘Aktualisasi Kader yang Berdedikasi Membangun Peradaban’. Sekretaris SC Lakut, Anida Dina Alayya mengatakan tujuan tema tersebut adalah agar alumni peserta lakut dapat secara langsung bekerja nyata dalam kegiatan pelajar khususnya di kabupaten Kudus dan menyusun strategi dalam membangun peradaban menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua PC IPPNU Kudus Nurya Sinta mengatakan, tema LAKUT saat ini sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk kaderisasi di Kabupaten Kudus. Menurutnya, seorang kader harus memberikan bukti nyata atau konkrit yg memiliki dedikasi terhadap organisasinya dalam membangun perdaban. “Sangat penting sekali karena menjadi bukti dan tindakan nyata seorang kader bukan hanya sebatas omongan belaka”. Ujar Sinta

Ubaidil Wafa, salah satu peserta LAKUT merasa tema ini sangat tepat untuk generasi muda saat ini. Menurutnya, tema ini bersifat global karena peradaban dan tantangan 2 – 5 tahun kedepan tidak dapat ditebak. Tema ‘Aktualisasi Kader yang Berdedikasi Membangun Peradaban’ juga mempengaruhi pola pikir para peserta, “Sekitar 80 pola pikir peserta lebih terbuka, yang awalnya hanya berpikir pada suatu topik jadi lebih terbuka secara meluas setelah mengikuti LAKUT”. Ungkap Wafa setelah mengikuti LAKUT pada 27-31 Desember 2023.

Sinta berharap peserta LAKUT dapat menjadi role model yang langsung terjun ke wilayah masing – masing.

 

Penulis: Izmi N A

https://pelajarkudus.com/