Program Unggulan SABA Mulai Dari Game Online Hingga Literasi Jurnalistik

Sumber: Dokumen Istimewa
Sumber: Dokumen Istimewa

 

Pelajar Kudus – Momen disela take video Pelajar Berbicara, Pelajarkudus.com berbincang-bincang dengan ketua OSIS SMA 1 BAE KUDUS, Muhammad Arryansah. Ryan sapaan akrabnya bercerita banyak tentang program kerja unggulan pada periode kepengurusannya. Walaupun periodenya ada pada masa pandemi, tak menyurutkan semangat dan tanggungjawab sebagai ketua OSIS SMA 1 Bae. Ryan dan pengurus periodenya berusaha memutar otak untuk melaksanakan program kerja yang telah dirancang sebelumnya.

Program kerja unggulan pada periode Ryan bisa dikatakan trobosan baru dengan Event E-sport namun belum bisa terealisasi karena pandemi dan dalam jangka dekat akan reorganisasi.

Banyak program kerja periode sebelumnya yang melaksanakan kegiatan di luar sekolah akan tetapi lagi-lagi akibat pandemi tidak dapat melaksanakan kegiatan di luar sekolah. Semua kegiatan yang ada pada periodenya dilaksanakan di dalam sekolah dan online. Seperti kompetisi gim-gim online dan video-video animasi serta pembuatan soft film.

“Peserta didik kadang merasa bosan dengan lomba yang hanya itu-itu saja, maka dari itu OSIS mengadakan lomba yang memang menjadi ketertarikan dari setiap peserta didik. Gim-gim online dan video-video animasi, serta pembuatan soft film atau ilustrasi menjadi salah satu lomba yang banyak diminati peserta didik,” ujar Ryan yang juga Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kudus 2020

Selain progam unggulan E-Sport, OSIS SMA 1 Bae juga mempunyai program peningkatan semangat literasi untuk peserta didik dengan cara mengadakan lomba pembuatan maupun pembacaan puisi.

“Untuk saya sendiri lebih minat di literasi seperti novel, dulu waktu awal menjabat menjadi Ketua OSIS saya juga pernah membuat artikel tentang sistem pendidikan pada saat pandemi covid-19,” tutur Ketos yang juga aggota Ekstra Basket.

Selain literasi terdapat ekstrakurikuler Jurnalistik yang menurut Ryan memiliki banyak peminat. Hal ini dibuktikan dengan semaraknya pengenalan ekstra pada saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Jika kita selalu beranggapan ekstra jurnalistik hanya sekedar menulis melulu, di SMA 1 BAE menepis bahwa anggapan itu salah besar.  Buktinya peserta didik yang mengikuti esktra jurnalistik dan mereka juga terjun langsung untuk berekspresi mengenalkan ekstra-ekstra yang ada di SMA 1 Bae dengan menggandeng beberapa anggota ekstra lainnya pada saat MPLS,” tutup Ryan, Minggu 24 Oktober 2021.

 

Penulis : Millaty Aufiya

https://pelajarkudus.com/