Tertibkan Wajah Organisasi, PAC Jekulo Gelar Diklat Administrasi

Pelajar Kudus – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Bersama IPPNU Kecamatan Jekulo mengadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) administrasi di Gedung MWC NU Kecamatan Jekulo, Sabtu (6/3/2021) lalu.

Diklat diikuti oleh ketua dan sekretaris dari pimpinan ranting dan pimpinan komisariat se-Kecamatan Jekulo. Terhitung ada 12 Ranting yang hadir dalam diklat ini, yaitu Gondoharum, Terban, Pladen, Bulungcangkring, Bulung Kulon, Sadang, Jekulo, Sidomulyo, Klaling, Tanjungrejo, Hadipolo dan Honggosoco.

Selain itu, terdapat 3 dari pimpinan komisariat yang hadir yaitu MA NU Nurul Ulum, MA NU Wahid Hasyim Salafiyyah dan SMK NU 2 Ma’arif Kudus.

Ketua PAC IPNU Jekulo M Ahsin Qomaruddin, memaparkan kan, diklat administrasi sangat diperlukan bagi semua insan organisasi termasuk organisasi pelajar IPNU IPPNU. Karena administrasi merupakan wajah organisasi.

“Kegiatan ini menghadirkan sekretaris Pimpinan Cabang IPNU -IPPNU Kudus sebagai tutor dan pendampingan langsung,” tambahnya.

Panitia bersama tutor sepakat membagi kegiatan ini ke dalam dua sesi, yaitu sesi penyampaian materi dan sesi praktik. Dalam sesi praktik, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat surat.

Sekretaris IPNU Kudus Choiril Anwar, mengapresiasi respon peserta sangat baik dan komunikatif, dalam praktik pun hasilnya sudah bagus.

“Sangat penting bagi sekretaris Ranting dan Komisariat yang hadir dalam pelatihan, ini agar dapat memahami tata kelola dan etika administrasi di IPNU – IPPNU,” lanjutnya.

Sekretaris PAC IPNU Jekulo Addil Haq Mabaya, menjelaskan bahwa kegiatan diklat ini sekaligus menjadi forum diskusi terkait problematika administrasi yang biasa terjadi di Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat se-Kecamatan Jekulo.

“Selain itu, agar pengadministrasian di pimpinan se-Kecamatan Jekulo dapat tertata dengan rapi dan harapannya, seluruh peserta khususnya sekretaris dapat memahami betul bagaimana surat dan administrasi yang benar,” tutupnya.

 

Reporter : Syaroful Anam

Editor : Khasan Sumarhadi

https://pelajarkudus.com/