Melatih Grammar Pelajar dengan Gaya Pesantren

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kota Kabupaten Kudus menyelenggarakan acara “Ngaji English Grammar Ala Pesantren”.

Kegiatan ini diikuti seluruh Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU dan IPPNU se – Kecamatan Kota Kudus, serta kalangan pelajar umum dari sekolah se- kecamatan Kota. Kegiatan yang berlangsung di Gedung NU Kabupaten Kudus ini dilaksanakan selama sehari, Jumat (24/5).

Ketua PAC IPNU Kecamatan Kota Yoga mengungkapkan, kegiatan bertujuan mengajak para pelajar mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif.

“Melalui pelatihan ini kami berharap para santri dan pemuda mengisi Ramadhan dengan hal positif, utamanya pengembangan bahasa inggris untuk melengkapi kemampuan yang ada, khususnya dengan gaya ala pesantren,” jelasnya.

Untuk mengisi kegiatan, tutor diambilkan dari alumni sendiri yaitu Ust. Muh Shofiyuddin, M. Pd, ia merupakan dosen di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara.

“Kegiatan ini sangat menarik, memadukan antara bahasa inggris dengan bahasa arab khususnya berkaitan dengan ketatabahasaan” tuturnya.

Abdurrahman selaku ketua panitia mengemukakan bahwa para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini, dilihat dari banyaknya peserta yang hadir dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini resmi dimulai pukul 14.00 WIB dan sebelum acara ini dimulai, tepatnya pada pukul 13.20 WIB para peserta sudah berdatangan mengisi daftar hadir. Peserta yang hadir sebanyak 80 orang terdiri dari PR dan PK se-Kecamatan Kota” jelasnya.

Konsep dari kegiatan ini yaitu memadukan pelatihan bahasa Inggris dengan gaya ala pesantren. Jadi, selain menyampaikan grammar bahasa Inggris, narasumber juga menyampaikan beberapa grammar dalam bahasa arab.

“Kegiatan yang dinamai dengan Ngaji English Grammar Ala Pesantren mendapat perhatian dari sejumlah pihak. Mulai dari lembaga di NU sendiri, hingga beberapa pesantren yang ikut membantu pelaksanaan acara,” pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sholat maghrib dan buka bersama.

Penulis: Ahmad Jauhar

https://pelajarkudus.com/